MEDIA PEMBELAJARAN TERKINI DAN REALISASINYA



MEDIA PEMBELAJARAN TERKINI DAN REALISASINYA




“Keingintahuan adalah kunci kreatifitas!”
–Akio Morita –
Pendiri SONY, Jepang.

            Jika teknologi dapat diadaptasi menjadi media dan sumber belajar, tentunya akan sangat membantu guru dan para siswa dalam mengajar dan belajar di sekolah. Pesatnya perkembangan website di Indonesia tentunya menjadi inspirasi baru bagi para penggiat pendidikan khususnya guru. Sebagian besar guru yang sudah memanfaatkan media ini sebagai media dan pusat belajar di sekolah. Hal ini cukup efektif karena jumlah pengguna internet di Indonesia cukup signifikan, dan mayoritas digunakan oleh para pelajar. Web sebagai salah satu media yang dimanfaatkan dalam pendidikan, merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia internet. Melalui web, setiap pemakai internet bisa mengakses informasi-informasi di situs web yang tidak hanya berupa teks, tetapi juga dapat berupa gambar, suara, film, animasi, dll. Sebenarnya, web merupakan kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di beberapa komputer server yang berada di seluruh penjuru dunia dan terhubung menjadi satu jaringan melalui jaringan yang disebut internet.
            Tak hanya web, berbagai media pembelajaran yang sifatnya dunia maya sudah banyak bermunculan dan dimanfaatkan dalam dunia pendidikan, seperti blog. Media web dan blog cukup disukai oleh para pendidik maupun peserta didik karena media ini memberi warna baru dalam dunia pendidikan. Pendidik lebih mudah menyampaikan tentang materi pelajaran, sedangkan peserta didik pun akan lebih merasa senang atau dalam kata lain proses pembelajaran online akan lebih dirasa asyik dan menyenangkan sehingga materi dapat terserap dengan baik.Melihat perkembangannya, tidak hanya sebagai media pembelajaran, web dan blog juga berpotensi sebagai tempat untuk menyalurkan bakat menulis serta melahirkan penulis - penulis baru khususnya untuk generasi muda Indonesia. Generasi muda yang kreatif tentunya dapat menjadikan hal ini sebagai peluang untuk memasuki dunia internet, media blog tidak hanya berpotensi untuk melahirkan penulis - penulis hebat, masih banyak potensi lainnya yang dapat kita gali dari web dan blog.
            Selain itu, munculnya aplikasi-aplikasi atau software terbaru juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran pendukung di kelas. Siswa bisa tergerak untuk mencoba dan menjadi kreatif dalam menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Mereka bisa menambah wawasan, mengasah keterampilan, dan mencoba hal-hal baru. Media-media tersebut juga bisa digunakan untuk menambah literatur siswa sehingga pengetahuan mereka tidak terbatasa hanya pada apa yang mereka dapatkan di sekolah tapi lebih dari itu.
            Sesuatu yang baik harus berjalan beriringan, seperti hanya perkembangan teknologi yang harus berjalan beriringan dengan filternya. Siswa berhak mengikuti perkembangan teknologi, namun harus ada pihak yang menyaring informasi yang didapatkan oleh siswa. Karena tidak semua teknologi terbaru baik itu berupa web, blog, maupun software sifatnya baik, ada pula dampak negatifnya. Orang tua dan tenaga pendidik (guru) menjadi filter atau penyaring pertama ketika siswa menggunakan teknologi terbaru. Pihak-pihak tersebut harus tetap menanamkan rasa cinta anak-anaknya pada Indonesia sehingga siswa tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kultur budaya Indonesia. Pemerintah juga harus ikut mendukung orang tua dan pendidik. Perlunya pengetahuan bagaimana cara memilih informasi yang baik dan benar sehingga siswa tidak ikut terbawa dampak negatif dari perkembangan teknologi itu sendiri.

            Terlepas dari itu, menjadi generasi muda kreatif mampu memanfaatkan teknologi terbaru sebagai media untuk memperluas jaringan, khususnya memperluas jaringan pertemanan dengan seindonesia. 
Previous
Next Post »